Just another Wordpress.com weblog

      • Da’wah Islam adalah sebuah proses taghyier (merubah) waqi’ al-jahily (realitas yang jahiliy) kepada waqi’ al-Islami (realitas yang Islami)
      • Perubahan yang dikehendaki oleh Da’wah Islam meliputi perubahan yang bersifat dakhily (ke dalam) seperti aspek ruhiyah, i’tiqodiyah, fikriyah, dan syu’uriyah, serta yang bersifat kharijy (ke luar) seperti aspek sulukiyah dan ‘amaliyah.
      • Perubahan tersebut di atas dimulai dari lingkaran fardi (individu), kemudian lingkaran usroh (keluarga) dan ijtima’i (masyarakat).
      • Untuk mencapai sasaran-sasaran dari proses taghyier ini diperlukan suatu ‘amal jama’i (kerja bersama)
      • Kejayaan Islam (= keberhasilan Da’wah Islam) adalah merupakan suatu yang bersifat aksiomatis (sudah pasti). Ia akan terwujud dengan atau tanpa kita (manusia / individu da’i) di dalamnya. Artinya : bukan kita yang memberikan keuntungan pada Islam dengan keimanan dan keterlibatan kita dalam ‘amal Islam, tapi kita lah yang beruntung bila kita beriman dan beramal Islami (ikut serta dalam da’wah Islam) itu. QS Al-Hujurat 17 dan QS Al-Maidah 54.
      • Hal yang penting disadari adalah bahwa yang melakukan aktivitas da’wah ‘amal jama’i ini adalah manusia (harakah al-Insan), yang memiliki kecenderungan buruk (fujur) dan baik (taqwa) QS Asy-Syams 8, bukan para malaikat (harakah al-Malaikah) yang hanya memiliki sifat tha’at. Sehingga hal-hal yang terjadi dalam realitas Da’wah Islam ini juga harus dilihat dengan perspektif kemanusiaan.

Comments on: "POKOK-POKOK PIKIRAN TENTANG DAKWAH ISLAM DAN ‘AMAL JAMA’I" (8)

  1. Diharapkan masyarakat lebih menyadari bahwa tuntunan dari para DA’i melalu Dahwah sangat diperlukan bagi kita yang tingkat pengetahuan agama Islam-nya masih kurang mendalam, Semoga dg perkembangan Dahwah yg lebih luas dan mengenai sasaran, sangat kita harapkan yang akhirnya akan bermanfaat bagi kita semua, amin.

  2. Untung Triantoro said:

    is oke

  3. manatp akh.syukron jazakallah

  4. Jazakallah akh, ana mohon izin untuk ana sampaikan pada suatu acara bincang2 internal tentang fenomena berkurangnya amal jama’i saat ini.

  5. wah syukron ada blog ini jd bsa download2 semua pengetahuan islam…klo bs mkin dibyakin aj isi bog nya..^_^

  6. Dakwah bukan hanya diam di tempat tapi keluar di jalan allah di katakan Q.S At-Taubah. Syukron & Afwan apabila ada salah sama ana, semua yang benar datangnya dari Allah SWT dan yang salah dari nafsu ana sekali lagi afwan. Khuruj Fisabillilah. Allahuakbar……Allahuakbar………..

  7. wahai hamba Allah yang ingin surgaNya,berbanyakla berbakti padaNya,karena sebenarnya kita semua ini,adalah penguni surga tapi kita sendiri yang menyebabkan kita bukan lagi penghuni surga.Artinya karena kekafiran kita kedzoliman kita.yang akan menyebabkan kita masuk dalam lembah kenistaan.Allahuakbar ayo kita rubah hidup kita lagi untuk lebih baik agar kita bisa sam-sama bertemu disurganya Allah

  8. Imam Nurhuda said:

    Badai yang akan menghantam seseorang untuk berjihad dan berdakwah laksana tsunami yang siap menghempas siapa saja yang dilaluinya, kuat erat tali akidah kita, tali silaturhmi kita dan jengan pernah lepas untuk terus menggenggamnya hingga akhir hayat kita. Keep our spirit in the way’s Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: