Just another Wordpress.com weblog

 

Rumahku Surgaku Ketika Rasulullah saw mengatakah; “Rumahku Surgaku”, beliau telah mengisyaratkan betapa strategisnya posisi keluarga dalam kehidupan masyarakat manusia. Keluarga, dalam pandangan Islam, adalah surga kecil. Dan ketika orang-orang Barat menganggap perkawinan dan keluarga sebagai “Neraka Kehidupan”, mereka justru masuk ke dalam neraka individualisme. Sebuah keluarga akan menjadi surga kecil jika ia memenuhi empat fungsi

1.      Fungsi Fisiologis; 1.      Tempat semua anggotanya mendapat tempat berteduh yang baik dan nyaman 2.      Tempat semua anggotanya mendapat makan-minum-pakaian yang cukup Satu dari empat yang membuat orang bahagia, seperti sabda Rasulullah saw, adalah fungsi fisik ini: “Istri shaleh, rumah luas, kendaraan nyaman dan tetangga shaleh” (Al Hakim). Rumah luas itu melapangkan dada. Makanan yang bergizi menghilangkan lapar dan menyehatkan raga.

  1.  

1.      Tempat suami dan istri memenuhi kebutuhan biologisnya. 1.      Fungsi Psikologis; 1.      Tempat semua anggotanya diterima secara wajar dan apa adanya 2.      Tempat semua anggotanya mendapatkan rasa aman dan nyaman 3.      Tempat semua anggotanya mendapatkan dukungan psikologis bagi perkembangannya 4.      Basis pembentukan identitas, citra dan konsep diri segenap anggotanya.Inilah makna khusus dari suasana surgawi keluarga, karena istri dan anak-anak adalah hiasan dunia kepada apa kita semua dibuat mencintainya. Bila orang bebas dari kelaparan dan aman dari ketakutan, orang akan beribadah dengan baik: “Maka hendaklah mereka (bangsa Quraisy) menyembah Pemilik rumah ini (Ka’bah), yang telah memberi mereka makan dari kelaparan dan memberi mereka rasa aman dari ketakutan.” (QS Quraisy:3-4) 1.      Fungsi Sosiologis; 1.      Lingkungan pendidikan pertama dan terbaik bagi segenap anggotanya 2.      Unit sosial yang menjembatani interaksi positif antara individu-individu yang menjadi anggotanya dengan masyarakat sebagai unit sosial yang lebih besar. Fungsi Dakwah; 1.      Menjadi obyek pertama yang harus didakwahi oleh setiap dai. 2.      Menjadi model keluarga muslim ideal bagi masyarakat Muslim maupun non-Muslim sehingga ia menjadi bagian menyeluruh dari pesona Islam. 3.      Setiap anggotanya terlibat sebagai partisipan dakwah yang aktif dan kontributif 4.      Memberi antibodi bagi segenap anggotanya dari virus kejahatan. Apakah Anda punya surga kecil ?

(disalin dari makalah ringkas Ustadz Anis Matta, Lc) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: